Rabu, 04 Januari 2012

[Chemsketch] Alternatif Membuat Gambar 3 Dimensi Bentuk Molekul


Seperti yang sempat saya singgung pada tulisan saya yang ini, menggambar bentuk molekul agar menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa maka dapat menggunakan beberapa aplikasi yang umum digunakan dalam dunia kimia. Saya sudah mencoba menggunakan Chemsketch dan Hyperchem. Hasilnya cukup memuaskan dan dapat dibuat tampilan 3 dimensinya (3D), dapat dilakukan rotasi untuk memberikan gambaran yang utuh.
Bagaimana membuatnya dan bagaimana menjadikannya bentuk molekul 3D. Berikut langkah yang dapat ditempuh (saya misalkan membuat bentuk molekul CH4).
Dengan Chemsketch:
  1. Buka aplikasi Chemsketch
  2. Pada mode Structure klik Atom C yang ada di tool kiri, dan klik sekali pada area kerja hingga menghasilkan rumus molekul CH4 
  3. Add explicite hydrogen dari menu Tools untuk membuat bentangan rumus struktur (ups) atom pusat (C) belum nampak?Seleksi rumus struktur, klik menu Tools dan pilih Strucutre Properties maka akan muncul menu pop up dan pada tab Common beri centang  All Show Carbons. Maksudnya seperti pada gambar berikut
    Jangan lupa seleksi (blok) rumus struktur CH4nya dulu yah.
  4. Berikutnya adalah penting untuk melakukan Optimisasi strukture 3D. Caranya klik menu Tools kemudian klik 3D structure optimization, kalau ada tawaran (klik yes untuk menghilangkan atom H saat optimisasi 3D-nya.
  5. Setelah itu Silahkan buka 3D Viewer Acd Lab dari Start menu.
  6. Kembali beralihkan ke Chemsketch 2D untuk mengkopi 2D ke 3D.Hasilnya langsung nampak seperti gambar berikut:
  7. Selanjutnya kita merotasi untuk dapat menunjukkan berbagai properties bentuk molekul seperti panjang ikatan dan sudut yang dibentuk oleh 3 buah atom dengan Chemsketch ini.
Oh yah aplikasi Chemsketch ini gratis loh dan bisa diunduh di situs resminya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar